RANCANGAN PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
( RPKR )
Model 221(2 Mata Pelajaran,2
Tingkat Kelas,1 Ruangan)
PDGK 4302
Disusun oleh
Nama : Teguh Akbar
Muharam
NIM : 815 440 217
Masa Registrasi :
2010.1
PROGRAM S1 PGSD
UNIVERSITAS TERBUKA
UPBJJ BANDUNG POKJAR
BUNGBULANG-GARUT
2010
RANCANGAN PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
Model
221-2 Mata Pelajaran-2 Tingkat Kelas Berbeda-1 Ruangan
Mata Pelajaran/Topik : 1. IPS / Kegiatan Ekonomi Dalam
Memanfaatkan Sumber Daya Alam
2. IPA / Tanah,Air, dan Alam Sekitar
Kelas/Semester :
1. IV / 2
2. V /
2
Waktu :
2 x 35 menit
Hari/Tanggal :
Minggu/28 Maret 2010
I. Standar Kompetensi
Kelas IV : Pengaruh Kondisi Alam Terhadap Kegiatan Ekonomi
Kelas V : Kegiatan-kegiatan Manusia
yang Mengubah Permukaan Bumi.
II. Kompetensi Dasar.
Kelas IV : Mata penceharian masyrakat di daerah dataran rendah.
Kelas V : Perubahan permukaan
bumi akibat pertanian
III. Indikator.
Kelas IV : Siswa dapat mengetahui dan mengidentifikasi apa mata
penceharian masyarakat
daerah dataran rendah.
Kelas V : Siswa dapat
mengidentifikasi Perubahan bumi akibat pertanian.
IV. Materi Pokok.
Kelas IV : Mata Penceharian
Masyarakat Daerah Dataran Rendah
Dataran rendah ialah hampara daratan yang ketinggiannya tidak lebih dari
200 meter diatas permukaan laut.daerah ini biasanya padat penduduk.mata
penceharian penduduk di dataran rendah biasanya menjadi petani.ada dua jenis
petani,yakni petani pemilik lahan dan petani penggarap.Petani pemilik lahan
menggarap lahan pertaniannya sendiri.Petani penggarap mengerjakan sawah/ladang
yang bukan miliknya sendiri.tanaman yang ditanam petani daerah dataran rendah
biasanya padi sebagai makanan pokok orang Indonesia ada juga yang menanam
jagung dan berbagai jenis umbi-umbian. selain petani,ada juga mata penceharian
lain yaitu peternak,pedagang hasil bumi,pengrajin dan lain-lain
Kelas V : Perubahan Permukaan Bumi Akibat Pertanian
Manusia membutuhkan makanan yang diperoleh dari tumbuhan.makanan
merupakan kebutuhan pokok bagi manusia.Dalam memenuhi kebutuhan pokok,manusia
menanam bebagai tumbuhan.Misalnya,padi jagung,kelapa dan tebu.
Ketika menanam padi,para petani mencangkul tanahnya terlebih
dahulu.langkah itu dilakukan untuk menggemburkan tanah.Alat yang digunakan bisa
berupa cangkul.Dengan kemajuan teknologi,alat yang digunakan untuk menggemburkan
tanah diganti dengan traktor.sehingga mempermudah pekerjaan petani dalam
mengolah sawahnya.Dengan menanam padi,kebutuhan pangan manusia dapat
terpenuhi.Namun,banyak kegiatan pertanian yang menyebabkan permukaan bumi
berubah.Di antaranya penebangan pohon di hutan untuk membuka lahan pertanian
baru.menurutmu,apa yang akan terjadi jika penglihfungsian hutan menjadi lahan
pertanian baru itu efektif ?
V Media dan Sumber
Media
Kelas IV : Gambar,LKS
Kelas V : Gambar,LKS
Sumber
Kelas IV : Ilmu Pengetahuan Sosial, Untuk SD/MI Kelas 4. Hal 146.
Pusat
Perbukuan Departemen Pendidikan
Nasional,Tahun 2008.CV. SAHABAT.
Kelas V
: Ilmu Pengetahuan Alam, Untuk SD/MI Kelas 5. Hal
136. Pusat
Perbukuan Departemen
Pendidikan Nasional,Tahun 2008.
VI. Metode Pembelajaran.
Kelas IV : Ceramah,Tanya jawab,dan Diskusi.
Kelas V : Ceramah,Tanya Jawab,dan
Diskusi.
VII. Kegiatan Pembelajaran.
.Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal (± 5 menit)
o
Mengkondisikan
siswa ke situasi pembelajaran yang efektif dengan cara berdoa, mengabsen dan
menyuruh siswa untuk mempersiapkan buku pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas
IV dan Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V dan
alat-alat tulis. (± 2 menit)
o
Apersepsi memberikan pertanyaan
1. Jenis pekerjaan Apa saja yang ada di
lingkungan kalian ? (± 1 menit)
2.
Apakah di daerah kalian banyak lahan pertanian ? (±
1 menit)
o
Menyampaikan tujuan pembelajaran. (± 1 menit)
2. Kegiatan
Inti. (± 20 menit)
Kelas IV
o
Siswa
mengamati gambar tentang jenis pekerjaan/mata penceharian masyarakat yang
berada di daerah dataran rendah . (± 1.8 menit).
o
Siswa
menyimak penjelasan guru tentang jenis-jenis pekerjaan / mata penceharian
masyarakat yang berada di daerah dataran rendah. (± 1.8 menit)
o Siswa melakukan
diskusi dengan cara berkelompok,tentang jenis-jenis pekerjaan / mata penceharian masyarakat yang berada di daerah
dataran rendah. ( LKS ). (± 1.8 menit)
o
Siswa
mengklasifikasi jenis-jenis pekerjaan/mata penceharian masyarakat yang berada
di daerah dataran rendah ( LKS terlampir
). (± 1.8 menit)
o
Siswa
melaporkan hasil diskusi di depan kelas.
(± 1.8 menit)
o
Guru
bersama murid membahas hasil diskusi. (± 1.8 menit)
Kelas
V
o Siswa melakukan
diskusi dengan cara berkelompok,tentang perubahan permukaan bentuk bumi akibat
pertanian ( LKS ). (± 1.8 menit)
o Siswa membahas hasil diskusi,dengan cara
menukarkan hasil diskusi antar kelompok. (± 1.8 menit)
o Siswa mengamati
gambar yang ada di depan kelas tentang perubahan bentuk bumi akibat pertanian. (± 1.8 menit)
o Siswa menyimak
penjelasan guru tentang perubahan bentuk bumi akibat pertanian.(± 1.8 menit)
o Melakukan tanya
jawab dari hasil pengamatan terhadap gambar di papan tulis. (± 1.8 menit)
3. Kegiatan Akhir (± 10 menit)
o
Dengan
bimbingan guru menyimpulkan materi pelajaran. (± 3 menit)
o
Melaksanakan evaluasi akhir. (± 4 menit)
o
Menindaklanjuti
pelajaran dengan cara menyuruh siswa mempelajari kembali di rumah. (± 3
menit)
VIII. Evaluasi.
o
Prosedur Tes : Tes Proses / tes Akhir
o
Jenis Tes : Pengamatan, tertulis
o
Bentuk Tes : Unjuk Kerja, isian
o
Alat Tes : Buah Soal, LKS
Kelas IV : Soal !
- Apa yang dimaksud dengan dataran rendah ?
- Apa jenis pekerjaan / mata penceharian masyarakat yang berada di daerah dataran rendah ?
- Ada berapa jenis petani ?
- Apa saja tanaman yang di tanam petani di daerah dataran rendah ?
- Selain Petani, apa saja mata penceharian masyarakat yang berada di daerah dataran rendah ?
Jawaban !
- Yaitu hamparan daratan yang ketinggiannya tidak lebih dari 200 meter di atas permukaan laut.
- Petani.
- Dua jenis yakni,petani pemilik,dan petani penggarap.
- Padi dan jagung.
- Peternak,pedagang hasil bumi,dan pengrajin.
Kelas V : Soal !
- Apa kebutuhan pokok manusia sebutkan salah satu ?
- Manusia membutuhkan makanan yang diperoleh dari ?
- Tumbuhan apa saja yang dapat memenuhi kebutuhan pokok manusia ?
- Alat apa yang digunakan petani untuk mengolah lahannya ?
- Bagaimana dampak jika pohon di hutan banyak yang ditebang dan kemudian dijadikan lahan pertanian ?
Jawaban !
- Makanan (pangan)
- Tumbuhan
- Seperti padi, jagung dll.
- Cangkul,dan traktor
- Akan mudah terjadi longsor karena daerah serapan air jadi berkurang.
Kriteria Penilaian
Skor Ideal :
Jumlah Jawaban yang benar x 2 =
Nilai Akhir
1
Garut, 28 Maret 2010
Mahasiswa
Teguh Akbar M
NIM. 815 440 217
Pengamatan
TUTOR
YAN WARYANA
NIP.
LEMBAR KERJA
SISWA ( LKS )
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas /
Semester : IV / 2
Sub. Pokok
Bahasan : Pengaruh Kondisi
Alam Terhadap Kegiatan
Ekonomi
Hari
Tanggal : Minggu, 28 Maret
2010
Petunjuk :
Diskusikan dengan teman kelompok mu untuk mengisi table di bawah ini !
1. Apa yang
dimaksud dengan dataran rendah ?
2. Apa jenis
pekerjaan / mata
penceharian masyarakat yang
berada di daerah
dataran rendah ?
3. Ada berapa jenis petani ?
4. Apa saja
tanaman yang di tanam petani di daerah dataran rendah ?
5. Selain Petani,
apa saja mata
penceharian masyarakat yang
berada di daerah
dataran rendah ?
Nama
Kelompok : ……………
Anggota :
1. …………………
2. ………………….
3. ………………….
4. ………………….
LEMBAR KERJA
SISWA ( LKS )
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas /
Semester : V / 2
Pokok Bahasan : Kegiatan - kegiatan
Manusia yang Mengubah
Permukaan Bumi
Hari
Tanggal : Minggu, 28 Maret
2010
Petunjuk :
1. Apa kebutuhan pokok manusia
sebutkan salah satu ?
2. Manusia membutuhkan makanan yang
diperoleh dari ?
3. Tumbuhan apa saja yang dapat
memenuhi kebutuhan pokok manusia ?
4. Alat apa yang digunakan petani
untuk mengolah lahannya ?
5. Bagaimana dampak
jika pohon di
hutan banyak yang
ditebang dan
kemudian di jadikan lahan pertanian ?
Nama
Kelompok : ……………
Anggota :
1. …………………
2. ………………….
3. ………………….
4. ………………….
LEMBAR
PENGAMATAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas /
Semester : IV / 2
Sub. Pokok
Bahasan : Pengaruh Kondisi
Alam Terhadap Kegiatan
Ekonomi
Hari
Tanggal : Minggu, 28 Maret
2010
No
|
Nama Kelompok
|
Aspek yang di nilai
|
Nilai Akhir
a+b+c
3
|
Ket
|
||
Kerjasama
|
Keseriusan
|
disiplin
|
||||
a
|
b
|
c
|
||||
(50-210)
|
(50-210)
|
(50-210)
|
||||
Mahasiswa
Teguh Akbar M
NIM 815 440 217
LEMBAR
PENGAMATAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas /
Semester : V / 2
Pokok Bahasan : Kegiatan - kegiatan
Manusia yang Mengubah
Permukaan Bumi
Hari
Tanggal : Minggu, 28 Maret
2010
No
|
Nama Kelompok
|
Aspek yang di nilai
|
Nilai Akhir
a+b+c
3
|
Ket
|
||
Kerjasama
|
Keseriusan
|
disiplin
|
||||
a
|
b
|
C
|
||||
(50-100)
|
(50-100)
|
(50-100)
|
||||
Mahasiswa
Teguh Akbar M
NIM
815 440 217
burung ciblek terim's uts infonya
BalasHapusterima kasih mas infonya
BalasHapusterimakasih atas referensinya...
BalasHapustrima kasih sangat membantu
BalasHapusSy blh mnt dkirim g rpp kelas rangkap model 222 333 tp yg semester 2 untuk Sd.pliiiiiiiiiz tugas kuliah
BalasHapus